Total Tayangan Halaman

Rabu, 26 Januari 2011

Pengangguran Dunia

Jenewa, (tvOne)

Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) memperingatkan bahwa pemulihan ekonomi global belum membawa dampak positif ke pengurangan tingkat pengangguran dunia. ILO melansir, pengangguran dunia tetap pada rekor 205 juta pada 2010.

"Meski rebound tajam dalam pertumbuhan ekonomi banyak negara, pengangguran global resmi mencapai 205 juta 2010. Pada dasarnya tidak berubah dari 2009, dan 27,6 juta lebih besar menjelang krisis ekonomi global pada 2007," ungkap ILO

"ILO memproyeksikan, tingkat pengangguran global 6,1 persen, setara dengan 203,3 juta menganggur, sampai 2011."

Hanya lebih dari setengah dari pengangguran yang terjadi sejak 2007 di negara-negara industri dan Uni Eropa, menurut badan tenaga kerja PBB. Banyak anak muda mencapai usia kerja juga gagal untuk mencari pekerjaan. ILO juga mencatat, di negara berkembang seperti Brazil, Kazakhstan dan Thailand, tingkat pengangguran telah jatuh di bawah tingkat sebelum krisis.

"Meskipun pemulihan sangat dibedakan di pasar tenaga kerja di dunia, biaya manusia yang luar biasa dari resesi masih bersama kami," Direktur Jenderal ILO Juan Somavia mengatakan.

Selain pengangguran, sekitar 1,53 miliar orang terjebak dalam "pekerjaan rentan" seperti pekerjaan sementara."Kejadian pekerjaan rentan tetap tak banyak berubah sejak tahun 2008, kontras dengan rata-rata penurunan mantap dan signifikan dalam tahun-tahun sebelum krisis."

Angka pengangguran kaum muda juga tampak mengecewakan,  78 juta orang anak muda menganggur pada 2010, naik dari tingkat pra-krisis 73,5 juta pada 2007. "Pekerja muda merupakan prioritas dunia," tegas Somavia.

"Pemulihan lemah dalam pekerjaan yang layak memperkuat berlanjutnya ketidakmampuan ekonomi dunia untuk mengamankan masa depan bagi semua pemuda. Ini melemahkan keluarga, kohesi sosial dan kredibilitas kebijakan," katanya. (Ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar